Beli Obat Demam Di Toko SehatQ Banyak Diskonnya

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Demam terjadi saat suhu tubuh manusia berada diatas angka normal atau 36 hingga 37 derajat celcius. Kondisi tersebut terjadi saat sistem imunitas dalam tubuh Anda bekerja untuk melawan infeksi. Demam bisa membahayakan jika tidak segera ditangani dan diobati dengan baik dan benar. Oleh karena itu, mengkonsumsi obat demam atau penurun panas yang tepat harus dilakukan segera.

Terdapat beragam jenis obat yang bisa Anda konsumsi untuk meringankan gejala demam. Obat penurun demam yang umum dikonsumsi dan dijual bebas adalah paracetamol, ibuprofen, dan naproxen. Berikut dibawah ini penjelasannya lengkapnya :

  • Paracetamol

Paracetamol atau dikenal juga dengan nama acetaminophen merupakan obat penurun panas sekaligus pereda rasa nyeri. Obat paracetamol disediakan dalam beberapa bentuk seperti tablet, kapsul, puyer, dan sirup.

Paracetamol aman dikonsumsi oleh bayi 6 bulan keatas hingga orang dewasa, namun tentunya dengan dosis yang berbeda. Anda harus mengikuti instruksi dosis yang terdapat pada kemasannya dan jangan mengkonsumsi melebihi dosis yang disarankan.

Pada beberapa orang, penggunaan paracetamol ini bisa menimbulkan efek samping berupa mual, muntah, susah tidur, alergi, gatal gatal dan kemerahan. Jika Anda termasuk orang yang secara teratur mengkonsumsi obat obatan lain, maka harus berhati hati saat minum paracetamol.

Pasalnya, obat tersebut bisa menimbulkan interaksi yang berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan :

  • Obat pengecer darah misalnya warfarin.
  • Obat TBC atau turberkulosis yang bernama isoniazid.
  • Dan obat kejang misalnya carbamazepine dan phenytoin.
  • Ibuprofen

Obat ibuprofen tidak hanya bisa membantu menurunkan panas saja, namun juga bisa meredakan peradangan atau inflamasi dan nyeri di tubuh. Obat tersebut sudah bisa dikonsumsi oleh anak berusia 6 bulan keatas dan orang dewasa, namun tentu dengan dosis yang berbeda. Yang terpenting harus selalu mengikuti dosis yang tertera pada kemasannya.

Secara umum, ibuprofen aman dikonsumsi, namun bagi beberapa orang bisa menimbulkan efek samping berupa sakit perut. Oleh karena itu, biasanya Anda disarankan minum ibuprofen setelah makan.

Namun, Anda harus berhati hati dalam mengkonsumsi ibuprofen jika sedang menggunakan obat pengecer darah seperti warfarin secara teratur. Ibuprofen juga sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis obat lain seperti Celecoxib, Warfarin, Cyclosporine (obat yang dapat menurunkan daya tahan tubuh), serta Diuretik dan obat darah tinggi lainnya.

  • Naproxen

Naproxen merupakan obat penurun demam yang boleh dikonsumsi oleh anak berusia 12 tahun keatas. Namun, jika anak dibawah 12 tahun ingin mengkonsumsinya harus melalui konsultasi dokter terlebih dahulu.

Serupa dengan ibuprofen, naproxen juga termasuk obat golongan AINS. Naproxen tidak hanya membantu menurunkan panas saja, namun juga bisa meredakan peradangan atau inflamasi dan mengurangi rasa nyeri.

Efek samping dari penggunaan naproxen mirip dengan efek ibuprofen, yaitu bisa menimbulkan sakit perut. Sehingga Anda disarankan untuk mengkonsumsi naproxen setelah makan.

Ketiga obat penurun demam diatas bisa Anda beli di apotek. Namun jika Anda tidak bisa pergi keluar untuk membelinya, maka Anda bisa membelinya secara online di Toko SehatQ. Praktis kan? Beli obat demam di Toko SehatQ juga menguntungkan karena banyak diskon yang ditawarkan. Mulai dari diskon ongkos kirim, diskon pembelian pertama jika Anda baru pertama kali menggunakan platform tersebut, diskon dimomen momen tertentu, serta diskon produk pilihan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *