Ibu Menyusui Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Ingin Produksi ASI Lancar

848x564 Sayur

Tidak ada makanan yang paling baik untuk bayi selain ASI. Hal itu dikarenakan ASI mengandung asam amino, vitamin, mineral, enzim, protein, air, lemak, karbohidrat, dan sel sel darah putih yang bisa melindungi bayi dari penyakit tertentu. ASI mengandung nutrisi mikro dan makro yang dapat membantu melindungi bayi dari asma, diabetes, obesitas, dan penyakit lain. Karena itu, ibu harus mencukupi kebutuhan nutrisi supaya bisa mendapatkan ASI berkualitas.

Perlu ibu ingat untuk tidak mengurangi asupan makan selama masa memberikan ASI untuk sang buah hati. Alasannya, selain bisa mengurangi nutrisi untuk si kecil,  juga berbahaya bagi kesehatan ibu. Jadi, asupan nutrisi harus benar benar ibu perhatikan, bahkan jika perlu konsumsi aneka makanan yang bisa membantu dalam produksi ASI.

Berikut dibawah ini rekomendasi 5 makanan bergizi untuk ibu menyusui yang dapat memperbanyak ASI :

  • Pepaya

Pepaya dipercaya dapat membantu untuk memperlancar ASI karena kaya akan asam folat, vitamin A, vitamin C, kalium, dan juga zat besi. Selain itu, buah yang rendah lemak jenuh, natrium, dan kolesterol ini juga bisa membantu memperlancar suasana hati ibu yang kelelahan merawat bayi. Pepaya memang lebih nikmat dimakan langsung, tapi enak juga jika dibuat jus.

  • Daun Katuk

Daun katuk mempunyai banyak khasiat, salah satunya adalah untuk memperlancar ASI. Karena itu, sejak zaman dahulu, ibu menyusui selalu dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B, serta vitamin C ini. Kandungan lain dalam daun katuk adalah zat besi, protein, karbohidrat, lema, dan lainnya. Daun katuk bisa meningkatkan ekspresi gen prolaktin dan oksitosin yang memberi pengaruh dalam produksi ASI.

Ibu bisa mengolah daun katuk ini dengan dibuat sayur bening. Dimasak bersama jagung manis, wortel, bawang merah, gula, garam, dan juga daun salam. Atau bisa juga dibuat menjadi jus.

  • Sup Daging

Sup daging juga adalah makanan lain yang bagus untuk menambah ASI. Daging memang sangat bagus untuk menambah protein didalam tubuh. Selain itu, kuah sup daging juga bisa membantu menambah cairan yang terkuras banyak saat menyusui. Sayuran pada sup daging juga kaya akan kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk ibu dan si kecil.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau menyimpan banyak sekali kandungan yang baik bagi tubuh. Dimana terdapat kandungan karbohidrat, protein, dan juga lemak. Kandungan tersebut merupakan sumber energi yang bisa membantu memperlancar produksi ASI.

Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya ibu merendam terlebih dahulu kacang hijau tersebut selama 24 hingga 48 jam. Tapi jika menggunakan air hangat, cukup merendamnya selama 1 jam saja, dan ditambah sedikit garam. Jika sudah mengapung dan sebagian terkelupas, maka kacang hijau sudah siap diolah menjadi makanan apapun.

  • Beras Merah

Jika ibu ingin mendapatkan ASI yang berkualitas dan banyak, cobalah mengganti beras putih dengan beras merah. Kualitas gizi beras merah lebih baik daripada beras putih. Bahkan cocok dikonsumsi oleh ibu yang ingin menjaga berat badan. Selain kaya akan karbohidrat kompleks yang bisa menjaga kebutuhan energi ibu, tapi beras merah juga mengandung vitamin yang bermanfaat untuk merangsang sekresi proklatin. ASI juga akan lancar dan stamina ibu pun akan tetap terjaga.

Memberi ASI bisa menjadi sarana untuk menjalin ikatan emosional antara ibu dan bayi. Inilah waktu pertama kali bagi si kecil menikmati kedekatan emosional dengan orang dewasa. Nikmati momen momen ini supaya ibu dan sang buah hati semakin dekat dan saling menyayangi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *