Doa Puasa Rajab

Berita Terkait dengan Puasa Rajab | Indozone.id

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang sangat mulia bagi umat islam. Sehingga menjadikan Bulan Rajab sangat istimewa. Lantaran, berbagai amalan yang dilakukan di bulan ini memiliki kandungan nilai yang sangat tinggi.

Setiap bulan Rajab tiba, maka semua umat islam dianjurkan untuk selalu meningkatkan amal dan ibadahanya. Salah satu amalan tersebut adalah puasa rajab.

Keutamaan Berpuasa di Bulan Rajab

Perlu diketahui, puasa rajab hanya boleh dilakukan beberapa hari saja. Dengan kata lain, tidak boleh selama satu bulan penuh. Hal ini dikarenakan menurut para sahabat Nabi Muhammad SAW, disambung al-Ghazali mengemukakan bahwa puasa rajab selama satu bulan penuh hukumnya makruh karena menyerupai puasa di bulan Ramadhan.

Adapun keutamaan bagi orang yang berpuasa di bulan Rajab yaitu mendapatkan pahala sebesar ibadah selama 900 tahun. Hadits lain juga mengemukakan bahwa satu hari menjalankan puasa rajab, pahalanya sama seperti 30 hari di bulan lainnya (kecuali Ramadhan).

Hal ini sudah diterangkan dalam “Ihya Ulumuddin) juz 3 halaman 431 karya Imam al-Ghazali. Dalam bukunya mengemukakan bahwa “Satu hari berpuasa di bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab) lebih utama dibandingkan puasa selama 30 hari di bulan lainnya. Satu hari puasa pada bulan Ramadhan, maka lebih utama disbanding 30 hati puasa pada bulan haram.”

Selain memperoleh pahala sebesar ibadah selama 900 tahun, maka ada keutamaan lainnya yang perlu untuk diketahui antara lain:

  • Dengan berpuasa rajab, maka setiap muslim akan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT. Hal ini tentunya akan menjadi jembatan masuk surga bagi yang menjalakannya.
  • Dengan berpuasa rajab, maka setiap muslim akan mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang pernah dilakukannya. Hal ini dikarenakan bulan rajab merupakan bulan yang penuh permohonan dan ampunan. Untuk memperolehnya tentu dibarengi dengan memperbanyak bacaan istigfar.
  • Bulan Rajab merupakan bulan yang penuh rahmat dari Allah SWT. Sehingga, setiap umat islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa dan zikir.

Niat Puasa Rajab

Salah satu rukun yang wajib dilakukan sebelum berpuasa adalah niat. Niat ini dapat dilakukan di dalam hati atau diucapkan. Berikut ini bacaan niat puasa yang dapat dibaca ketika malam hari yaitu:

Nawaitu Shouma Ghadin An Ada-I Sunnati Rajaba Lillahi Ta’ala

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Rajab besok hari karena Allah Ta’ala

Namun banyak pula umat islam yang kelupaan untuk membaca niat di malam harinya. Maka kamu dapat membaca niat puasa di besok harinya.

Asalkan kamu memang benar-benar belum mengonsumsi apapun baik itu makanan atau minuman yang dapat membatalkan puasa. Adapun sbacaan niat puasa rajab yang bisa dibaca di pagi harinya sebelum waktu zuhur tiba:

Nawaitu Shouma Hazal Yaumi An Ada’I Sunnati Rajaba Lillahi Ta’ala

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Rajab hari ini karena Allah Ta’ala

Doa Puasa Rajab

Setelah umat islam berpuasa selama beberapa jam dalam sehari, maka kita akan melakukan buka puasa. Buka puasa merupakan hal yang ditunggu setelah menetapkan hati untuk benar-benar menjalankan puasa rajab.

Adapun bacaan doa berbuka puasa dalam riwayat Ibnu Abbas ra, sebagaimana Rasulullah membaca doa saat berbuka:

Allahumma laka shumna, wa’ala rizqika aftharna, taqabbal minna, innaka anta as sami’ul al alim

Artinya: Ya Allah hanya untuk-Mu kami berpuasa, dan atas rizki-Mu kami berbuka. Maka terimalah dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (HR. ath-Thabrani).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *